iPhone Gadungan yang Merajalela

Gatel juga buat nge-post soal iPhone gadungan. Banyak yang tertipu dan termasuk teman saya sendiri. Modus awal iPhone gadungan ini hampir sama, yaitu: bule (mostly mandarin/oriental, no SARA tapi memang kenyataannya) yang bilang habis kerampokan terus jual murah iPhone-nya (sebenarnya juga berlaku buat HP mahal merk lain). Nah, temen saya ini mengaku dapat iPhone 4S 64GB dari bule Jepang seharga 2juta. What?! Murah banget untuk ukuran iPhone 4S 64GB. Meski barang second tapi iPhone 4S ini masih tinggi di pasaran. Alhasil teman saya ini tanya sama saya yang memang udah lama setia pakai iPhone. Teman saya pengen mengkonfirmasi apakah benar iPhone-nya itu asli apa tidak. Berhubung teman saya dan saya beda kota ya akhirnya konfirmasi melalui foto (gila ya ngecek HP lewat foto)

Pertama dia kirimkan foto fisik iPhone dan tampilan home-nya. Foto agak burem karena dia foto pake HP dia yg lain. Ini fotonya:

20130824-002702.jpg

Dari foto itu keliatan beberapa aplikasi sama persis dengan iPhone asli sehingga saya nggak begitu curiga meski sempat mikir kok kurang bagus tampilan layarnya tapi saya pikir mungkin karena pengaruh kamera yg memfotonya. Ini tampilan iPhone asli yg saya capture dari iPhone saya:

20130824-002946.jpg

Kecurigaan bermula ketika dia tanya simcard iPhone 4S itu simcard biasa atau micro sim atau nano sim? Saya jawab ya pasti micro sim. Tapi saya kurang yakin apa micro sim berlaku di semua negara (mengingat dia dapat iPhone dari bule Jepang) atau tidak saya kroscek ke teman saya yang lain yang juga pengguna iPhone, namanya Roy. Dan dia bilang semua iPhone itu universal jadi setting, fisik dan semua-semuanya pasti sama. Jadi, iPhone 4S semua pakai micro sim. Berikut foto yang diberikan Roy untuk menjelaskan mengenai simcard yang digunakan iPhone:

20130824-003507.jpg

Untuk lebih memastikan Roy bilang coba buka appstore dan foto tampilannya seperti apa. Jadi saya minta teman saya untuk memfotonya. Berikut foto tampilan appstore si iPhone gadungan:

20130824-003709.jpg

Dari situ kami makin pasti itu iPhone gadungan. Tidak ada pilihan uninstall di appstore, kalau mau uninstall program harusnya klik silang di icon-nya di home screen. Makin pasti ketika teman saya bilang itu gak ada koneksi internet tapi bisa nyambung ke appstore, padahal tanpa koneksi internet tidak akan bisa connect.
Berikut tampilan appstore iPhone asli dengan koneksi internet:

20130824-004110.jpg

Berikut tampilan appstore iPhone asli tanpa koneksi internet yang kosong tidak ada apa-apa:

20130824-004255.jpg

Dari situ saja kami sudah yakin itu adalah iPhone gadungan alias palsu. Jadi jelas kesimpulannya bahwa teman saya kena tipu. Saya setelah itu meminta teman saya untuk meng-capture masing-masing aplikasi dalam iPhone gadungan tersebut untuk dibandingkan. Dan setelah dicek satu per satu sangat jelas bedanya. iPhone gadungan lebih mirip seperti mainan anak-anak bila dibandingkan dengan iPhone asli. Berikut beberapa aplikasi iPhone gadungan:

1. iTunes

20130824-004804.jpg

iTunes adalah layanan untuk mengunduh musik dan video, bukan layanan pengaturan suara, jadi tampilannya harusnya seperti ini:

20130824-005037.jpg

2. Safari

20130824-005249.jpg

Safari adalah browser untuk mengakses website seperti Mozilla atau Google Chrome. Harusnya tampilan safari adalah seperti ini:

20130824-005508.jpg

3. Siri

20130824-005606.jpg

Siri adalah robot yang bisa menjawab pertanyaan maupun permintaan penggunanya. Tampilannya bukanlah seperti voice memo, melainkan seperti ini:

20130824-005736.jpg

4. Maps

20130824-005851.jpg

Ya, apple maps memang tidak sempurna dan sering salah dalam penyebutan tempat namun tampilannya tetap seperti GPS seperti ini:

20130824-010031.jpg

5. Compass

20130824-010234.jpg

Untuk kompas, tampilannya mirip denga iPhone asli. Bedanya adalah jarum kompas pada iPhone gadungan tidak bergerak meski kita berubah posisi. Padahal kompas pada iPhone asli akan bergerak ketika kita menggerakkan HP karena kompas menunjukkan arah mata angin. Berikut tampilan kompas iPhone asli:

20130824-010502.jpg

Nah, itulah beberapa aplikasi yang bisa dicek dan dibandingkan apabila ada yang menawarkan iPhone. Tidak saya unggah semua karena akan banyak sekali. Untuk lebih pasti apakah iPhone yang akan dibeli itu asli atau gadungan/palsu, lebih baik tanyakan pada teman pengguna iPhone atau pada toko iPhone resmi. Tapi kalau memang ingin mengecek sendiri pastikan ada bandingan iPhone asli, jadi bandingan head to head iPhone asli dengan iPhone yang akan dibeli. Kalau dibandingkan secara langsung akan jelas terlihat perbedaan tampilan OS dan kedalaman warna layar. Mari lebih cermat dan jangan tertipu dengan iming-iming harga murah 🙂

*Thanks to Nyoman atas kisahnya
*Thanks to Roy atas masukan-masukannya

About Wulan Widyasari

I'm a full time dreamer and a lazy ass blogger...

19 responses to “iPhone Gadungan yang Merajalela”

  1. NyomanSB1 says :

    Thank you atas pencerahannya Lan, untung dirimu ngirim bukti2 yg akurat. akhirnya gak jadi tertipu. tapi kasian juga temenku yg tertipu itu 😦

  2. renoraines says :

    Keren ulasannya …..mantabs…. meski sy belum mampu beli iphone..tapi jadi byk tahu soal hp

  3. therisk says :

    sial gw baru aja beli ma cewe korea (ngakunya n cara ngomongnya) tp gak sampe 2 juta sichh tp 650rb, memang awalnya dya tawarin 2 juta tp krn gw tau bnyak penipuan ahh iseng2 aj 500rb trus dya sok mikir gtu trus minta 1 juta trus gw naikin lah 650rb akhir nya deal n gw coba2 tlp n sms sayangnya gw gak tes kamera (bodohnya gw) tp yawdah lah harga hp cina juga segitu hp gw juga hp nokia jadul yang ancuran, yawdah mau diapain lg nasi dah jd bubur ikhlasin aj. so jd pengalaman aja atas penipuan ini (di sesali juga percuma toh bisa di pke buat tlp n sms hahahahhaaa)
    #semoga dibalas atas perbuatannya.

    • Wulan Widyasari says :

      Waduuuh… Tapi masih untung gak ketipu yg 2juta ya. Buat pelajaran aja buat besok-besok kalo beli hp. Temen yg dicerita ini ketipu 2juta, yang akhirnya dia jual hp-nya ke counter dan laku 500ribu. Kasihan ya…

  4. therisk says :

    temen u itu jual nya pakai kerdusnya atau gak ya..? krn sya beli ny ga ada kerdusnya, apa iya mau orang counter tuk beli hp saya ini dengan harga segitu..?

    • Wulan Widyasari says :

      Dia gak jual pake kardusnya. Katanya sih counter-nya mau krn hpnya mau dikasih ke ponakan pemilik counternya. Oia, temen ini orang Bali jadi jualnya di counter Bali. Dicoba aja ditawarin ke counter-counter, siapa tau ada yang mau.

  5. therisk says :

    owwhh okeyy tq yah…

  6. widya anugrah says :

    Mamah saya juga korban 😦
    Ngaku2 di rampok, trus jual iphone
    Sumpah,, sebell bgt !!!!!

  7. Indah says :

    Ka iphone mohon infonya,sth di cekiphone yg br q beli untuk screenshot yg lain2 ok,cm tmpilan app store g sprti iphone,dan blkg bwh tdk tertera imei,pdhl yg asli ada imei,dr segi bhn jg berat g enteng sprti yg d sebut,apa punya sy termasuk palsu ya

    • Wulan Widyasari says :

      Coba di screen shot app store-nya. Sekarang iOS kan berkembang jadi otomatis app store jg berubah. Posting-an ini saya tulis waktu jaman iPhone 4S masih baru, sekarang sudah era iPhone 7. Jadi perlu di screen shot untuk memastikan karena perkembangan teknologinya.

Leave a Reply

